Safari Dakwah Lapangan Akademi Da’wah Indonesia (ADI) Jawa Tengah Lereng Merapi, Selo, Boyolali

By on March 24, 2016

Magelang (DakwahNews.com) Sebagai lembaga yang konsen pada dunia dakwah, Akademi Da’wah Indonesia (ADI) Jawa Tengah mempunyai program dakwah yang langsung bersinggungan dengan masyarakat, home stay. Tujuannya untuk menumbuh-kembangkan karakter dai pada diri setiap mahasiswa ADI. Juga memberikan pengalaman dakwah lapangan kepada mereka serta mempertajam kepekaan mereka pada setiap permasalahan yang ada dimasyarakat. Program Home Stay ini harus dilakukan didaerah pedalaman yang jauh dari kota. Serta menginap beberapa hari agar bias lebih maksimal dan membaur dengan masyarakat.

Kali ini ADI Jawa Tengah mengadakan program safari dakwah lapangan bertempat di lereng Gunung Merapi, dusun Rogobelah desa Suroteleng, Selo, Boyolali. Program dakwah ini dimulai pada hari Sabtu (5/03/2016). Rombongan yang berjumlah 15 orang tiba ditempat pada pukul 13:20, diiringi dengan hujan yang mengguyur sejak pagi. Dalam perjalanan yang menanjak, rombongan sedikit mengalami kendala salah rute dan kondisi jalan yang sudah rusak parah.

Setiba dilokasi, setelah menata barang bawaan dan bantuan sosial. Rombongan yang di pimpin oleh Ust.Tri Artoro melakukan koordinasi dan bagi-bagi tugas penanggung jawab rangkaian acara. Ada diantara mereka yang bertugas mengajar adik-adik TPA, memberi semangat motivasi dengan permainan berhadiah. Sebagian yang lain mempersiapkan akomodasi pengajian umum yang akan di gelar malamnya. Setelah koordinasi selesai setiap kelompok siap melaksanakan tugas masing-masing.

Masjid dan mushalla tempat dilaksanakannya kegiatan belajar-mengajar TPA tidak jauh dari basecamp. Sehingga mudah menjangkaunya walaupun dengan berjalan kaki. TPA yang dikelola oleh salah seorang jamaah masjid lumayan banyak, berkisar 50 santri yang aktif mengaji. Akan tetapi karena faktor hujan yang tidak reda-reda, sebagian mereka berhalangan hadir. Meskipun hujan dan sebagian santri berhalangan tidak menyurutkan semangat untuk tetap mengajar dan memotivasi santri TPA.

Malam hari setelah shalat Isya’, warga Rogobelah berkumpul dimasjid untuk mendengarkan ceramah dan nasehat dari Ust.Sunari. Antusias warga untuk hadir kemajlis pengajian nampak dari kondisi masjid yang penuh dengan jamaah. Walaupun dinginnya lereng merapi yang menusuk tulang, jamaah pengajian tetap semangat mendengarkan
ceramah yang berkenaan tentang hidup bahagia dunia akhirat. Pada akhir sesi pengajian, panitia membagikan bingkisan sabun, baju koko dan jilbab untuk semua jamaah yang hadir. Tidak lupa penyerahan cinderamata kepada pengurus masjid.

Kegiatan dilanjutkan Ahad pagi. Kali ini kegiatan membaur dengan masyarakat, berinteraksi langsung dengan mereka dalam kegiatan sehari-hari. Mayoritas warga kesehariannya bertani, mencangkul menanam dan memanen sayur-sayuran. Rombongan di bagi menjadi beberapa grup untuk membantu mereka melakukan kegiatan bertani. Ada yang membantu menanam bawang merah, ada yang baru mulai mengolah lahan dengan cangkul, sebagian lain dapat bagian memanen sayuran. Disini setiap anggota rombongan bias merasakan susah-senangnya menjadi petani yang tidak selamanya medapatkan hasil yang membahagiakan.

Menjelang tengah hari setelah pulang dari kebun, rombongan bersiap-siap untuk kembali pulang. Tidak ketinggalan membawa oleh-oleh sayuran gratis yang diberikan warga. Setelah foto bersama dengan warga dan mengucapkan terima kasih atas layanannya, rombongan ADI Jawa Tengah pulang dengan segudang pengalaman dakwah. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi program acuan dakwah lapangan bagi mahasiswa ADI kedepannya.(rozy/DakwahNews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =