Selama Ramadhan, Turki memberi Makan saudara muslim Somalia

By on May 29, 2017
196

ANKARA (DakwahNews.com) – Turki akan mengirimkan sekitar 15.000 ton makanan ke Somalia selama bulan suci Ramadhan, seiring dengan bencana kelaparan yang melanda negeri Afrika Timur ini, The New Arab melaporkan pada Sabtu (27/5/2017).

Wakil Presiden Bulan Sabit Merah Turki Naci Yorulmaz memimpin sebuah delegasi ke ibukota Somalia pekan ini di mana dia mengunjungi sebuah panti asuhan dan membagikan makanan kepada anak-anak.

Ini adalah bagian dari upaya kemanusiaan yang dilakukan Turki untuk memberikan bantuan bagi Yaman, Sudan Selatan dan Somalia dalam mencegah kelaparan.

Lembaga bantuan dan LSM telah memperingatkan bahwa jika masyarakat internasional tidak melakukan intervensi maka jutaan orang dapat beresiko mengalami kelaparan pada musim panas ini yang melanda Afrika Timur dan Yaman.

“Bantuan ini akan dikirim ke semua wilayah di Somalia, ada 1.000 truk bantuan kemanusiaan di kapal ini,” kata Presiden Bulan Sabit Merah Kerem Kinik kepada kantor berita Anadolu.

Kapal yang mengangkut muatan tersebut dijadwalkan tiba pada Sabtu (27/5), hari pertama Ramadhan saat umat Islam berpuasa dari matahari terbit sampai terbenam.

Bantuan tersebut dikabarkan berisi tepung, gula, obat-obatan dan makanan bayi, yang akan menopang 3 juta orang Somalia selama bulan suci tersebut.

Sebelas kapal telah dikirim dari Turki ke Somalia secara total, sementara dua lagi dipersiapkan untuk dikirim ke Yaman.

“Ada wabah kolera di Somalia, Yaman dan Sudan Selatan saat ini. Setelah Yaman, kami akan berusaha mencapai Kuba dan wilayah utara di Sudan Selatan. Ini adalah mobilisasi besar,” kata Kinik, menambahkan bahwa bantuan tersebut harus menjangkau sekitar 9 juta orang total.

Turki juga telah mendirikan toko roti di Somalia, termasuk satu di ibu kota Mogadishu yang menyediakan 4.000 roti bundar setiap hari, sementara mereka pun bergerak mendistribusikan 7.000 makanan ke rumah sakit, panti asuhan dan pusat untuk orang cacat. (Rosyid/AW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =