Selesaikan Krisis Qatar, Erdogan Kunjungi Negara Teluk

By on July 24, 2017
222

Ankara (DakwahNews) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dilaporkan telah memulai kunjungannya ke sejumlah negara Teluk untuk membantu menyelesaikan krisis Qatar. Erdogan dijadwalkan mengunjungi Qatar, Arab Saudi, dan Kuwait.

Melansir Al Arabiya pada Ahad (23/7), kantor Erdogan mengumumkan kunjungan dua harinya akan dimulai dengan kunjungan ke Kuwait untuk membahas upaya mediasi terbaru yang telah dilakukan sejak awal krisis di Qatar.

Dia kemudian akan mengunjungi Arab Saudi dan kemudian Doha untuk membahas kemungkinan mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan krisis antara negara-negara Qatar dan kuartet negara Teluk, yakni Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain.

Turki sendiri sejatinya adalah pendukung kuat dari Qatar. Turki telah beberapa kali mendesak Saudi cs untuk mencabut 13 tuntutan yang telah dibuat terhadap Qatar, dan mengatakan apa yang dilakukan oleh Saudi dan kompatriotnya sebuah pelanggaran atas kedaulatannya.

“Presiden akan mendengarkan kelompok tersebut namun Kerajaan Arab Saudi harus membatalkan rencananya yang mencakup 13 tuntutan dan harus mempertimbangkannya kembali. Sedangkan Qatar, harus mengambil sikap positif yang akan membuka jalan menuju tahap negosiasi dan Turki bisa menjadi mediator,” kata Wakil Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus beberapa waktu lalu.(SI/DakwahNews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =