Tahanan Muslim di AS dipaksa sholat di toilet

By on July 10, 2017

GREEN BAY (DakwahNews) – Seorang tahanan Muslim mengajukan keluhan pada Brown County Jail karena petugas penjara memaksanya menunaikan sholat di dekat toilet, Green Bay Press Gazette melaporkan pada Sabtu (8/7/2017). Ia pun dilaporkan meminta ganti rugi sebesar 5 juta dolar pada pihak penjara.

Charles B. Gill Sr. (40) yang ditahan karena tuduhan melakukan perampokan mengklaim di pengadilan federal bahwa staf penjara telah melanggar hak berkeyakinannya pada musim semi ini dengan memintanya untuk menunaikan ibadah ritual di selnya, kemudian mengirimnya ke penjara Outagamie County saat dia memberikan keluhan.

Gill menuturkan bahwa narapidana lain yang beragama Katolik diizinkan menggunakan ruang penjara lain dan gimnasium untuk ibadah mingguan dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Selama 10 hari, saya tidak diizinkan untuk sholat dengan benar,” Gill menulis dalam sebuah keluhan bertulis tangan yang diajukan 23 Juni di Pengadilan Negeri AS di Milwaukee. Dia meminta ganti rugi atas “penderitaan emosional dan mental” yang diterimanya.

Sheriff John Gossage pada Jum’at (7/7) menghentikan gugatan Gill, dan menyatakan bahwa kantornya tidak melakukan diskriminasi.

“Kami menghormati keyakinan agama para narapidana, dan kami memberi mereka hak untuk melaksanakan keyakinan mereka,” kata Gossage.

“Kami melakukan yang terbaik untuk memfasilitasi keyakinan apa pun yang mungkin dimiliki oleh narapidana.” (arrahmah/DawkahNews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 6 =